IPS Sejarah

Assalamu'alaikum pembaca :)

Masih mengenai palajaran IPS nih.


Ø  Sejarah adalah kisah atau cerita yang mengupas peristiwa kehidupan manusia pada masa lampau. Peristiwa pada masa lampau dapat diketahui karena adanya bukti-bukti tertulis. Sumber sejarah yang dapat dijadikan sebagai bukti tertulis, yaitu prasasti, piagam, kitab-kitab, dokumen, daun
lontar, foto, pita kaset, dan sebagainya.


Ø  Para sejarawan mengungkapkan, kegunaan mempelajari sejarah adalah sebagai berikut.

1)     Kita akan lebih bijaksana dan arif menentukan langkah-langkah hidup pada masa kini dan mendatang.
2)     Sejarah memberikan sejumlah pengetahuan mengenai berbagai kisah yang terjadi pada masa lalu.
3)     Sejarah dapat memberikan ilham kepada kita untuk mencetuskan ide, perilaku, dan karya yang lebih baik daripada masa sebelumnya.
4)     Sejarah dapat member kesenangan kepada kita untuk melawat dan berwisata ke masa lampau.

Ø  Sejarah terwujud oleh unsure manusia, tempat, dan waktu. Manusia adalah pelaku sejarah. Dunia merupakan ruang tempat terjadinya perubahan-perubahan yang disebabkan oleh perbuatan pelaku sejarah. Waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses perbuatan telah, sedang, dan akan berlangsung.

Ø  Ilmu sejarah niscaya selalu berkisah/bercerita mengenai masa lampau/kelampauan manusia dan kemanusiaan. Namun, masa lampau itu bukanlah masa lampau yang diam dan tak bergerak. Masa lampau dalam sejarah bersifat dinamis. Hal itu dibuktikan dengan peninggalan peradaban manusia yang terus berkembang. Pergerakan manusia yang lengkap, baik menyangkut peperangan, kebebasan, penjajahan, dan kemerddekaan menjadi objek penulisan sejarah. Dari situ sejarah berkisah tentang banyak hal. Ada kegembiraan dan kesenangan, ada juga kesedihan dan kepiluan.

Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Barat serta Pengaruhnya di Berbagai Daerah di Indonesia
v  Monopoli berarti hak tunggal untuk mengusahakan sesuatu yang dimiliki seeseorang/kelompok kepentingan tertentu. Melalui monopoli ekonomi, social, budaya, dan politik, kaum penjajah dapat dapat menguras dan mengisap sumber daya alam dan sumber daya manusia tanpa menghiraukan rasa kemanusiaan dan keadilan.

v  Kesulitan yang dialami VOC disebabkan oleh
a)      Menipisnya keuangan akibat korupsi, biaya perang, dan biaya menggaji pegawai.
b)      Ketidakmampuan VOC untuk bersaing dengan organisasi dagang lain, terutama organisasi dagang inggris dan prancis, serta
c)      Banyaknya prajurit yang gugur dalam menghadapi perlawanan rakyat daerah.

v  Sebelum munculnya kekuasaan Daendels, para petinggi VOC menjalankan kebijakan yan merugikan bangsa Indonesia, seperti penarikan pajak hasil bumi (contingenten), penyerahan paksa hasil bumi (verplichte leveranties), pelaksanaan kerja paksa (rodi), dan wajib-kerja (verplichte diensten).

v  1512   : Armada Portugis tiba di Maluku untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah, 1799 : VOC dibubarkan akibat adanya ketidakberesan keuangan, 1811 : Daendels dicopot dari kedudukannya oleh Louis Napoleon.

v  Penyimpangan yang terjadi pada system tanam paksa disebabkan munculnya cultuurprocenten. Makna cultuurprocenten ialah hadiah/ presentase tertentu yang diberikan kepada setiap petugas apabila mereka berhasil menyerahkan hasil tanaman melebihi target yang ditentukan.

v  Kaum liberal adalah orang-orang yang meyakini kebebasan sebagai lambing dari kehidupan manusia sesungguhnya. Kaum humanis adalah sekelompok orang yang menjunjung tinggi asas-asas etika dan kemanusiaan.

v  Politik pintu terbuka merupakan kebijakan pemerintah belanda yang membuka pintu selebar-lebarnya bagi para pengusaha swasta asing untuk menanamkan modalnya di wilayah Hindia-Belanda.

v  Sultan Baabullah tidak memerintahkan membunuh bangsa Portugis ketika mereka dalam keadaan tidak berdaya. Hal ini mencerminkan sikap ksatria seorang pejuang yang membela tanah air dan bangsa.

v  Pada saat menghadapi Sultan Amangkurat I, Trunojoyo dibantu dan mendapat dukungan dari Karaeng Galesung dan Monte Marano (pelaut Makassar), Macan Wulung (Madura), Penembahan Rama (Giri), dan Raden Kajoran (Bagelen).

v  1666 : terjadi pertempuran antara pasukan VOC-Arung Palaka dan bala tentara Makassar, 1683 : pertempuran terjadi antara Sultan Agung dan persekutuan VOC-Sultan Haji, 1692 : Sultan Agung ditangkap dan dipenjarakan di Batavia, 16 Desember 1817 : Pattimura dijatuhi hukuman gantung di Benteng Nieuw Victoria.

v  1827 : De Kock menerapkan siasat benteng stelsel, 1829 : Pangeran Mangkubumi menghentikan perlawanan karna usianya sudah semakin lanjut, 28 Maret 1830 : Pangeran Diponegoro ditangkap Belanda setelah kedua pihak gagal melakukan kesepakatan dalam perundingan di rumah Residen Kedu.

v  1871 : Belanda mengutus F.N. Nieuwenhuysen untuk menemui Sultan Aceh, 1873 : Mayjen Kohler tewas dalam sebuah pertempuran dengan pasukan Aceh, 1893 : Teuku Umar pura-pura menyatakan tunduk dan setia kepada pemerintah Belanda dan tahun 1896 : Teuku Umar menyatakan keluar dari dinas militer Belanda dan berbalik lagi untuk berjuang melawan Belanda, 1899 : Kolonel Van Heutz mulai memimpin penyerangan dengan siasat kekerasan.

v  Salah seorang misionaris Portugis yang terkenal sebagai penyebar agama Kristen katolik ke Nusantara, terutama Maluku, yaitu Franciscus Xaverius.

v  Factor-faktor penyebab sulit berkembangnya agama Kristen di Nusantara, yaitu
a)      Pada umumnya agama Kristen dianggap identik dengan agama penjajah.
b)      Pemerintahan colonial tidak menghargai prinsip persamaan derajat manusia.
c)      Sebagian besar rakyat Nusantara telah menganut agama Islam, Hindu, dan Budha.

       Muncul dan Berkembangnya Pergerakan
Kebangsaan Indonesia

v  Perluasan kekuasaan oleh kaum penjajah  pada umumnya memiliki karakteristik yang sama.
a)      Dominasi politik adalah penguasaan terhadap bangsa terjajah dan menindas upaya-upaya mencapai kemerdekaan.
b)      Eksploitasi ekonomi adalah usaha memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia daerah jajahan untuk kemakmuran bangsanya (monopoli, tanam paksa, dan sewa tanah).
c)      Penetrasi kebudayaan adalah upaya menggeser pola budaya pribumi dengan pola budaya barat agar bangsa terjajah meniru berbagai pola tingkah laku bangsa penjajah dan  mencibir bangsanya sendiri.

v  Ciri-ciri khusus penyelenggaraan pendidikan colonial Belanda di Indonesia.
a)      Penerapan  prinsip gradualisme dalam penyediaan pendidikan bagi anak bumiputra.
b)      Menjalankan dualisme pendidikan bagi anak Belanda dan anak bumiputra.
c)      Keterbatasan tujuan bagi sekolah bumiputra.
d)      Pelaksanaan prinsip konkordasi pendidikan.
e)      Tidak ada perencanaan pendidikan yang sistematis.

v  Perkembangan politik etis telah menumbuhkan suatu golongan cerdik pandai di kalangan rakyat Indonesia. Golongan ini menyadari keadaan yang serba terbelakang dari masyarkatnya. Mereka bangkit menjadi suatu kekuatan social baru yang berjuang bagi perbaikan nasib rakyat.

v  NU dan Muhammadiyah merupakan dua organisasi agama islam terbesar di Indonesia. Sejak berdiri, kedua organisasi ini memiliki pendapat yang berbeda dalam beberapa hal, diantaranya menyangkut tafsiran hokum islam. Kondisi ini dipakai Belanda yang menginginkan agar agam Islam tidak murni dan utuh sesuai dengan kepentingan pemerintah mengadu domba kedua organisasi tersebut.

v  Indonesia en de Vrijheidsstrijd (Inonesia dan Perjuangan Kemerdekaan) merupakan judul pidato yang disampaikan Nazir Pamuncak pada Kongres Liga Anti Penindasan Imperialisme dan Kolonialisme di Brussel pada 10-15 Februari 1927. Nazir Pamuncak menjelaskan kepada peserta kongres bahwa nama Indonesia adalah nama Kepulauan Hindia yang terdiri dari Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan banyak pulau kecil lainnya dengan jumlah penduduk sebanyak 50 juta.

v  Pada tahun 1904-1905 timbul perang antara Jepang dan Rusia. Dalam perang itu ternyata Jepang lebih unggul dan mampu mengalahkan Rusia yang besar. Kemenangan Jepang atas Rusia ini telah menghapuskan anggapan bahwa bangsa Barat yang berkulit putih tidak mungkin dapat dikalahkan oleh bangsa yang berkulit berwarna.

v  Kaum priyayi adalah lapisan masyarakat yang kedudukannya dianggap terhormat, dan sebab itu tidak sedikit priyayi yang menjadi sombong karena kedudukannya itu.

v  Semaun yang marxistis menumbuhkan benih perpecahan di kalangan Sarekat Islam. Rupanya ia lupa bahwa perpecahan itu juga melemahkan seluruh kekuatan bangsa Indonesia dari kekuasaan kololnialis Belanda.

v  Emansipasi adalah persamaan hak dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Kartini dan pejuang emansipasi lainnya ingin memajukan para wanita Indonesia dari kedudukan social eonomi yang rendah/dari pengekangan melalui usaha pendidikan.

v  Susunan Pengurus Perhimpunan Indonesia Tahun 1924.
Ketua                   : R. Iwa Koesoema Soemantri
Sekretaris            : J. Sianala
Bendahara           : Mohammad Hatta
Komisaris             : Sastromoeljono
Archivaris            : Mangoenkoesoemo
v  Gerakan rakyat Indonesia (Gerindo) berdiri di Jakarta 24 Mei 1937 yang  bertujuan, mencapai indonesia merdeka, memperkokoh ekonomi Indonesia, mengangkat kesejahteraan kaum buruh, dan member bantuan bagi kaum pengangguran.

v  Tujuan GAPI adalah menuntut kepada pemerintah Belanda agar Indonesia mempunyai parlemen sendiri.

  Perang Dunia I dan Perang Dunia II

v  Rusia tidak memiliki pelabuhan  yang airnya tidak beku di musim dingin. Rusia terpaksa berebut dengan Negara lain untuk mendapatkan pelabuhan yang bebas dari gangguan es, yaitu selat Bospurus dan Dardanella yang dikuasai Turki. Tindakan Rusia ini dikenal sebagai politik air hangat.

v  Sebab-sebab umum terjadinya Perang Dunia I adalah sebagai berikut.
a)      Terjadinya pertentangan antarnegara.
b)      Timbulnya gerakan nasionalisme di berbagai Negara.
c)      Terjadinya perlombaan persenjataan (gerakan militerisme), dan
d)      Munculnya persekutuan politik.
Sebab khusus terjadinya Perang Dunia I adalah terbunuhnya Frans Ferdinand (putra mahkota Austria) oleh Gabriel Princip ketika mengunjungi latihan perang di Saravejo pada 28 Juni 1914.

v  Lusitania Incident adalah peristiwa ditenggelamkannya kapal pesiar Inggris Lusitaniaoleh Jerman yang banyak mengangkut orang-orang Amerika Serikat pada 7 Mei 1915.

v  Golongan Vaderlandsche Club (VC), yaitu golongan yang berfikiran konservatif di Indonesia. Mereka umumnya orang-orang Belanda yang membela kepentingan kaum penguasa.

v  Golongan Stuwgroep (yang mengambil nama dari sebuah majalah De Stuw), yaitu golongan yang berfikiran progresif dan luas pandangannya.

v  Sebab-sebab umum terjadinya Perang Dunia II adalah sebagai berikut.
a)      Lahirnya Negara-negara fasis, yaitu Italia, Jerman, dan Jepang.
b)      Timbulnya pertentangan segitiga diantara Negara-negara fasisme, komunisme, dan liberalisme.
c)      Adanya perlombaan persenjataan antarnegara.
d)      LBB tidak mampu mencegah tindakan Negara-negara fasis yang melakukan ekspansi ke Negara lain.
v  Setelah berhasil menguasai sebagian  besar wilayah Eropa (Danzig/Polandia, Denmark, Norwegia, Belanda, Belgia, Luxemburg, dan Prancis), tiba-tiba Jerman menyerang Uni Soviet pada tahun 1941. Hal ini berarti Jerman telah mengkhianati perjanjian Pakta Non-Agresi yang dibuat setahun sebelumnya. Oleh karena itu, Uni Soviet berbalik memusuhi Jerman. Uni Soviet segera melancarkan serangan balasan terhadap Jerman yang ternyata tengah terkepung salju di Stalingrad. Di tempat inilah Jerman mendapatkan kekalahan pertama dan manandai kekalahan-kekalahan selanjutnya.

v  Kegagalan dari LBB telah mendorong lahirnya lembaga dunia yang baru, yaitu Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) atau United Nations Organization (UNO).

v  Presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt dan Perdana Mentri Inggris Winston Churchill mengadakan perundingan di kapal Augusta di Teluk Placentia, New Foundland pada 14 Agustus 1941. Perundingan dua negarawan dunia itu menghasilkan sebuah piagam yang kemudian dikenal dengan sebutan Atlantic Charter (Piagam Atlantik).

v  Sebagai organisasi milik dunia PBB memiliki tujuan sebagai berikut.
a)      Memelihara perdamaian dan keamanan internasional.
b)      Memajukan hubungan persahabatan antarbangsa atas dasar persamaan derajat, hak menentukan nasib sendiri, dan tidak mencampuri urusan dalam negri suatu Negara.
c)      Memajukan kerja sama antarbangsa dalam memecahkan persoalan-persoalan ekonomi, social, kebudayaan, dan kemanusiaan.
d)      Menjadi pusat kegiatan bangsa-bangsa dalam mencapai cita-cita bersama.

v  Asas-asas yang tercantum dalam Piagam Perdamaian PBB adalah sebagai berikut.
a)      Semua anggota mempunyai derajat dan kedaulatan yang sama.
b)      Semua anggota mempunyai hak dan kewajiban yang sama.
c)      Semua anggota wajib menyelesaikan semua sengketa secara damai.
d)      Semua anggota wajib mencegah tindakan yang bersifat mengancam, kekerasan, atau tindakan lain yang bertentangan dengan tujuan PBB.
e)      PBB tidak akan mencampuri urusan dalam  negeri suatu Negara.

v  Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi PBB, yaitu Negara merdeka, Negara yang mencintai perdamaian, sanggup melaksanakan kewajiban-kewajiban yang tercantum dalam Piagam PBB, dan telah mendapat rekomendasi Dewan Keamanan dan disetujui oleh Majelis Umum.


cukup sekian dan terima kasih.
Wassalam :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ceramah Pentingnya Shalat

Dick Gelael