Makalah TIK 1
PERKEMBANGAN,
IMPLIKASI, DAN PEMANFAATAN TI DAN TK DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA PERKEMBANGAN
TI DAN TK DI INDONESIA
Teknologi Siaran Sejak PELITA I
teknologi berupa siaran radio dan televisi telah diprogramkan. Memang sarana
dan prasarana pada waktu itu belum ada atau belum memadai, namun dengan
perkembangan teknologi siaran, seperti siaran langsung dari satelit dan
pemancar ulang berdaya rendah, telah memungkinkan dicapainya seluruh pelosok
tanah air. Teknologi ini terus berkembang sampai dengan PELITA berikutnya, yang
kemudian berkembang dengan munculnya televisi swasta dan jaringan televisi
siaran lokal.
•
Satelit Komunikasi Sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki era informasi
modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Sistem satelit komunikasi ini
merupakan kebutuhan yang unik bagi Indonesia, karena keadaan dan letak
geografisnya. Dasar pertimbangan pengembangan sistem ini adalah untuk keperluan
pendidikan, penerangan, hiburan, pemerintahan, bisnis, pertahanan keamanan, dan
perindustrian.
•
Komputer Perkembangan perangkat keras komputer berlangsung sangat pesat. Selain
daya muatnya yang semakin besar, kecepatan operasinya juga semakin tinggi. Jika
sepuluh tahun yang lalu microprocessor komputer mampu mengakses memori dengan
kecepatan perjutaan detik, maka saat ini kecepatannya sudah dihitung dengan
permiiliar (nano) detik. Komputer meja atau personal computer saat ini sudah
tidak dipandang sebagai barang mewah lagi, melainkan sebagai suatu kebutuhan
yang esensial untuk dapat mengikuti kemajuan. Boleh dikatakan tidak ada satu
kantorpun yang tidak memiliki dan mengoperasikan komputer.
•
Teknologi Video (Perekam Video) Perkembangan dalam teknolofi video sejalan
dengan perkembangan komunikasi dan komputer, meskipun orientasi utamanya adalah
untuk keperluan hiburan.
PERKEMBANGAN DAN IMPLIKASI TI DAN TI
DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA
Kecenderungan perkembangan dan
implikasi dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
1. Berkembangnya pendidikan terbuka
dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning)
2. Sharing resource bersama antar lembaga
pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan.
3. Penggunaan perangkat teknologi
informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap
menggantikan TV dan Video.
CONTOH LAIN PEMANFAATAN ATAS
PERKEMBANGAN TI DAN TK UNTUK PENDIDIKAN DI INDONESIA:
•
Perpustakaan elektronik (e-library) Revolusi teknologi informasi tidak hanya
mengubah konsep pendidikan di kelas tetapi juga membuka dunia baru bagi
perpustakaan. Perpustakaan yang biasanya merupakan arsip buku-buku dengan
dibantu teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep
perpustakaan yang pasif menjadi lebih agresif dalam berinteraksi dengan
penggunanya. Dengan banyaknya perpustakaan tersambung ke internet, sumber ilmu
pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan menjadi tidak terbatas
•
Surat elektronik (e-mail) Dengan aplikasi e-mail, seorang guru, orang tua,
pengelola, dan siswa dapat dengan mudah saling berhubungan. Pihak sekolah dapat
membuat laporan perkembangan siswa dan prestasi belajar baik diminta orang tua
atau pun tidak. Dalam kegiatan belajar diluar sekolah, siswa yang menghadapai
kesulitam materi pelajaran dapat bertanya lewat e-mail kepada pihak sekolah
atau guru bidang studi. Demikian pula untuk guru yang berhalangan hadir dapat
memberikan tugas via e-mail kepada siswa.
•
Ensiklopedia Sebagian perusahaan yang menjalankan ensiklopedia saat ini telah
mulai bereksperimen menggunakan CD-ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga
duharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak hanya berisi tulisan dan gambar
saja, tetapi juga video dan audio.
•
Jurnal atau majalah ilmiah Salah satu argumentasi umumnya di dunia pendidikan
Indonesia adalah kurangny akses informasi ke jurnal atau majalah ilmiah yang
berada di internet sehingga memudahkan bagi para siswa untuk mengakses informasi
ilmiah terkahir yang ada di seluruh dunia.
•
Pengembangan homepage dan sistim distribusi bahan belajar secara elektronik
(digital) Sistem pembelajaran melalui homepage dapat dikembangkan dalam bentuk
sekolah maya (virtual school) sehingga semua kegiatan pembelajaran mulai dari
akses bahan belajar, penilaian, dan kegiatan administrasi pendukung dapat
secara online selama 24 jam.
•
Video teleconference Keberadaan teknologi informasi video teleconference
memungkinkan bagi anak-anak di seluruh dunia untuk saling mengenal dan
berhubungan satu dengan lainnya. Video teleconference di sekolah merupakan
saranan untuk diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada
kegiatan belajar mengajar yang bersifat social. Disamping itu dapat pula untuk
pengamatan proses eksperimen dari seorang guru
KESIMPULAN
Perkembangan teknologi informasi
Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memahami
komponen teknologi informasi, seperti perangkat keras dan perangkat lunak
komputer; sistem jaringan baik berupa LAN ataupun WAN dan sistem telekomunikasi
yang akan digunakan untuk mentransfer data. Kebutuhan akan tenaga yang berbasis
teknologi informasi masih terus meningkat; hal ini bisa terlihat dengan
banyaknya jenis pekerjaan yang memerlukan kemampuan di bidang teknologi
informasi di berbagai bidang; juga jumlah SDM berkemampuan di bidang teknologi
informasi masih sedikit, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia.
Keberadaan bisnis yang tersebar di banyak tempat dengan berbagai ragam
perangkat keras dan lunak mulai menyadari tentang betapa pentingnya untuk
mempercayakan dukungan bagi keberhasilan pengolahan data komputernya kepada
satu sumber yang dapat dipercaya. Jika dilihat pada saat sekarang ini
perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang. Dengan
adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar
dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan
dari siapa saja. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai
dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi
informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup
signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara
yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai
masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk
memfasilitasinya.
Di Indonesia yang notabenenya
sebagai negara berkembang dimana ketersediaan infrastruktur komunikasi yang
masih minim mengakibatkan kesempatan setiap orang untuk mendapatkan informasi
dan pengetahuan menjadi terbatas. Ketersediaan infrastruktur ini sangat terasa
di daerah-daerah yang proses memperoleh informasinya masih terbatas. Hal ini
dikarenakan di Indonesia penyebaran teknologi informasi dan komunikasi belum
merata, sekarang ini hanya di kota-kota besar sajalah yang sudah dengan mudah
menikmati dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Dengan demikian
perkembangan pendidikan pun menjadi terhambat dan juga tidak merata.
Salah
satu wadah yang dirasa paling berperan dalam dunia teknologi informasi dan
komunikasi di Indonesia saat ini adalah internet. Di Indonesia terutama yang
berada di kota-kota besar sudah banyak masyarakat yang mempunyai akses
internet, sehingga pemanfaatan internet sebagai salah satu media pembelajaran
dan pencarian informasi dan pengetahuan dapat lebih maksimal walaupun akses
internet di Indonesia belum sepenuhnya dapat dirasakan semua orang.
Informasi melalui media internet,
bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat dunia pendidikan di Indonesia
mempunyai standar yang sama dengan negara lain. Dengan menggunakan media
internet, pemerintah dan institusi pendidikan sudah mulai menerapkan pola
belajar yang cukup efektif untuk diterapkan bagi masyarakat yang memiliki
kendala dengan jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi terutama informasi
dalam dunia pendidikan. Salah satu metode yang mulai diterapkan yaitu
pembelajaran distance learning. Metode distance learning merupakan suatu metode
alternatif dalam pemerataan kesempatan dalam bidang pendidikan. Sistem ini
diharapkan dapat mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat
keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas. Metode distance learning sangat
membantu siswa atau masyarakat dalam mempelajari hal-hal atau ilmu-ilmu baru
dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah untuk dipahami. Dalam pengaksesan
dan pemanfaatan metode ini, peran internet sangatlah diperlukan, karena melalui
internet seseorang dapat mengirim file atau meng-upload file yang ingin
dipublikasikan dan melalui internet juga seseorang dapat mengakses file yang
ingin dicari. Selain metode distance learning, masih banyak metode-metode lain
yang sangat membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia,
diantaranya dengan adanya modul-modul pembelajaran gratis yang tersedia, portal
pembelajaran online, dll.
Jika kita bercermin ke negara lain,
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia bisa dibilang
cukup tertinggal. Peran pemerintah sangat diharapkan untuk meningkatkan
pertumbuhan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.
Pemerintah diharapkan dapat menyamaratakan perkembangan teknologi informasi
disemua daerah di negara ini. Pemerintah diharapkan dapat membantu daerah-daerah
yang penyampaian proses informasinya masih minim dan tidak hanya fokus pada
daerah atau kota-kota besar saja seperti yang terjadi pada saat sekarang ini,
karena pada kenyataannya peran daerah dalam mendukung perkembangan teknologi
informasi dan perkembangan pendidikan di Indonesia sangatlah penting.
Dengan belum meratanya penyebaran
teknologi informasi akan berpengaruh terhadap proses perkembangan pendidikan.
Hal ini dikarenakan peran teknologi informasi di dunia pendidikan sangatlah penting.
Dengan adanya teknologi informasi segala macam ilmu pengetahuan dan informasi
dapat diterima dan didapatkan dengan mudah dan cepat. Dalam kehidupan kita
dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan komunikasi merupakan sektor
yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan
menjadi pemimpin dalam dunianya.
Komentar
Posting Komentar